Days Stories

Berpacu menjadi yang terbaik

Operating System

20 May 2012 - dalam Umum Oleh irinrinrin-fst10

Bagaimana sebuah mesin dapat bekerja??

Jika hanya ad sebuah mesin, katakanlah sebuah komputer, tidak akan dapat bekerja jika hanya terdapat seperangkat mesin saja. Sebuah komputer membutuhkan perintah untuk dapat bekerja sesuai keinginan penggunanya. Perintah, yang berupa informasi yang dapat dibaca atau ditulis oleh komputer dikenal dengan istilah software (perangkat lunak). Dalam hal ini, seperangkat mesin-mesin yang menyusun komputer disebut dengan hardware (perangkat keras). Untuk dapat mengoperasikan komputer secara utuh, dimana software dan hardware dapat bekerja secara terintegrasi, maka dibutuhkan sebuah sistem operasi (Operating System atau OS).

Operating System atau OS sendiri merupakan bagian terpenting dari software. OS ini mengontrol semua perangkat komputer dan memberikan fasilitas kepada semua program aplikasi agar dapat bekerja. Sistem operasilah yang menghubungkan software dan hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama. Contoh tugas sistem operasi misalnya, mengirimkan input yang diketikkan melalui keyboard untuk ditampilkan ke layar komputer.

Sistem operasi menyediakan perintah-perintah dasar yang kemudian akan dijalankan pertama kali sebelum program lainnya. Perintah-perintah dasar ini disebut dengan aplikasi. Aplikasi dari sebuah program harus sudah tercatat dalam sistem operasi agar dapat dijalankan.

Saat ini sudah banyak macam-macam sistem operasi yang digunakan, baik di PC (Personal Computer) maupun di laptop. Namun sistem opersai yang digunakan secara umum terbagi dalam 3 kelompok besar, antara lain : (diambil dari http://id.wikipedia.org)

  1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada tahun 2012 atau lebih lambat).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard). Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Nah, sekarang terserah kita saja mau memilih sistem operasi apa yang cocok untuk kita gunakan, yang sekiranya mudah untuk kita mengerti.



Read More | Respon : 4 komentar

4 Komentar

alfian pramudita putra

pada : 20 May 2012


"selama ini, yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah windows, menurut anda apa keunggulan windows daripada OS yang lainnya?

alfian-teknobiomedik2010-universitas airlangga"


mnnm

pada : 20 May 2012


"kalau disuruh nanya. bingung mw nanya apa. ckckkc temanya sama semua. ~__~"


lita safitrin

pada : 20 May 2012


"untuk alfian : keunggulan windows daripada OS lainnya antara lain
1. Lebih mudah untuk digunakan karena lebih user friendly daripada OS lain
2. Instalasi software lebih gampang daripada OS lain
3. Pengembang software banyak yang berbasis under windows
4. Memiliki support driver yang lebih banyak sehingga hardware mudah dikenali.
5. Memiliki perkembangan paling cepat karena tingkat kebutuhan pasar yang tinggi
6. Lebih mudah melakukan perbaikan karena hampir semua orang telah terbiasa dengan windows
ini saya dapat dari http://sobatpc.com/kelebihan-dan-kekurangan-windows/

untuk mnnm : yah.. sepertinya akan terus begitu sampai ini selesai..
karena kan kita membahas apa yang sudah diberikan oleh dosen kita..
:)"


Ipin

pada : 25 May 2012


":)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :